top of page
  • Writer's pictureAnastashia HOLEO

5 Minuman Tradisional Khas Betawi yang Wajib Dicoba

Updated: Jun 28, 2023

Selain kulinernya yang kaya, Betawi juga punya deretan minuman tradisional dengan citarasa yang unik dan sulit dilupakan. Beberapa minuman ini ada yang sudah terkenal sejak berabad-abad sebelumnya. Ada juga minuman yang awalnya hanya disajikan pada momen-momen spesial. Apa sajakah minuman tradisional itu? Ini dia 5 minuman tradisional khas Betawi yang wajib kamu coba!


Bir Pletok

5 Minuman Tradisional khas Betawi yang Wajib Dicoba - Bir pletok

sumber foto: photo.navi-pon.com


Bir Pletok adalah minuman khas Betawi yang terbuat dari campuran rempah seperti serai, jahe, kayu manis, cengkeh, dan daun pandan. Meskipun namanya bir, tetapi minuman ini tidak mengandung alkohol, lho. Bir Pletok terkenal karena memiliki manfaat untuk menyegarkan dan menghangatkan tubuh.


Es Doger

5 Minuman Tradisional khas Betawi yang Wajib Dicoba - Es doger

sumber foto: merdeka.com


Es Doger adalah minuman Betawi yang terbuat dari campuran ketan hitam, sagu mutiara, sirup merah, pacar cina, tapai singkong, serutan es batu, dan disiram susu kental manis. Es Doger memiliki rasa manis dan segar. Minuman ini dinamakan es doger karena itu singkatan dari "Dorong Gerobak". Pedagangnya umumnya menjual minuman ini sambil mendorong gerobak.


Es Selendang Mayang

5 Minuman Tradisional khas Betawi yang Wajib Dicoba - Es Selendang Mayang

sumber foto: wowkeren


Es Selendang Mayang terbuat dari campuran gula merah, tepung beras, santan, air, daun pandan, lalu ditambahkan sedikit pewarna makanan hijau. Minuman ini sering disajikan dalam mangkuk atau gelas besar.


Minuman ini disebut sebagai Selendang Mayang karena berwarna-warni layaknya selendang. Kemudian, minuman ini juga mengenyangkan karena terbuat dari tepung beras.


Kopi Jahe

5 Minuman Tradisional khas Betawi yang Wajib Dicoba - Kopi jahe

sumber foto: senibudayabetawi.com


Kopi jahe adalah kopi yang dicampur dengan rempah-rempah, seperti jahe merah, cengkeh, kapulaga, daun pandan, dan kayu manis. Minuman ini sudah menjadi favorit masyarakat Betawi sejak abad ke-18. Dahulu kala, kopi jahe adalah minuman yang istimewa sehingga hanya disajikan pada momen tertentu saja.


Es Goyang

5 Minuman Tradisional khas Betawi yang Wajib Dicoba - Es goyang

sumber foto: tempo.co


Es Goyang terbuat dari santan, tepung ketan, dan gula. Kemudian, adonannya dimasukkan ke dalam es dan digoyangkan sampai adonannya padat. Rasanya segar, manis, dan gurih sehingga menjadi favorit anak-anak.


14 views1 comment

1 Comment


Broo Derr
Broo Derr
Mar 31

wajib banget ni di coba game SAGATOTO ini mantul banget mantap <a href= https://totosagapro.com/ "">SAGATOTO</a>"


Like
bottom of page